Jumat, 30 Desember 2022

Kapolres Tulungagung Bersama Forkopimda Mendampingi Gubernur Khofifah Resmikan IRSR dan Bagikan Token Listrik Gratis di Kecamatan Sendang



TULUNGAGUNG - Kapolres Tulungagung AKBP Eko Hartanto, SIK, MH bersama Forkopimda Tulungagung mendampingi kunjungan kerja Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa saat meresmikan instalasi rumah sambungan rumah (IRSR) dan memberikan token listrik gratis di Desa Tugu Kecamatan Sendang Kabupaten Tulungagung, Kamis (29/12/2022) siang.


Secara simbolis, Gubernur Jawa Timur meresmikan program IRSR ditandai dengan menyalakan tombol saklar kWh meter di rumah warga penerima manfaat.


Gubernur Khofifah mengatakan bahwa elektrifikasi akan bisa meningkatkan kualitas hidup, baik dari sisi ekonomi, pendidikan, serta sosial budaya.


"Kita berharap anak-anak yang sekolah bisa belajar dengan lebih tenang, yang merintis UMKM semisal butuh cold storage mereka bisa mendapatkan akses listrik, dan yang ingin beribadah sholat malam bisa lebih khusyu'," ujarnya.


Gubernur Khofifah menyampaikan bahwa elektrifikasi di Jawa Timur mencapai 99,39 persen, tapi secara agregat sudah lebih dari 100 persen.


"Kami berkomitmen untuk mewujudkan light for all di tahun 2024, terutama di pegunungan dan di pinggir pantai. Kami juga sedang menyisir kepulauan-kepulauan," terangnya.


Sementara itu Bupati Tulungagung, Maryoto Birowo menuturkan bahwa energi listrik merupakan kebutuhan pokok bagi kehidupan manusia karena semua aktivitas berhubungan dengan listrik.


Bantuan ini diharapkan mampu meringankan beban masyarakat kurang mampu dalam mencukupi kebutuhan akan listrik.


"Penerima hibah IRSR ini adalah sejumlah 249 KK di 10 desa dan yang mendapat token listrik prabayar gratis adalah sebanyak 305 penerima manfaat dari 13 desa dalam 2 bulan yaitu November-Desember 2022 sebesar 300 ribu rupiah," paparnya.(ans71-restu)