Kamis, 29 Desember 2022

Kapolres Tulungagung Hadiri Acara Realisasi Program Ekonomi, Pendidikan dan Kemanusiaan Dalam Rangka Menanggulangi Kemiskinan Sekaligus Peresmian Kampung Zakat




TULUNGAGUNG - Kapolres Tulungagung AKBP Eko Hartanto, SIK, MH hadiri acara Realisasi Program Ekonomi, Pendidikan dan Kemanusiaan dalam rangka Menanggulangi Kemiskinan dan peresmian Kampung Zakat Desa Besole Kecamatan Besuki bertempet di Pendopo Kongas Arum Kusumaning Bongso Tulungagung.


Dalam acara itu juga dihadiri Jajaran Forkopimda Tulungagung, Sekda, Ketua Kantor Baznas Provinsi Jawa Timur Kepala Kantor Kementerian Agama, Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat, Rabu (28/12/2022).


Bupati Tulungagung Drs. Maryoto Birowo, MM dalam sambutannya mengatakan Bahwa beberapa tahun terakhir ini, BAZNAS Kabupaten Tulungagung telah melakukan pendistribusian zakat yang menyasar pada bidang ekonomi, pendidikan dan kemanusian berupa bantuan modal bergulir, bantuan hewan ternak kepada beberapa kelompok petani kurang mampu, Zakat Comunity Development (ZCD) di beberapa desa, termasuk zakat produktif, bantuan fakir miskin sebatang kara, bantuan bedah rumah, pengobatan, pembangunan dan renovasi Masjid, Mushola dan pondok pesantren serta program-program lain yang menyentuh lapisan masyarakat bawah.


“Bantuan yang telah ditasyarufkan, dapat dimanfaatkan oleh para mustahiq untuk membantu meningkatkan derajat perekonomian keluarga mereka”, ujarnya.


Bupati meminta kepada para Alim Ulama dan masyarakat secara umum agar bisa mendukung dan memberikan masukan-masukan positif kepada BAZNAS Kabupaten Tulungagung, agar ke depan BAZNAS dapat lebih baik dan lebih berkualitas.



“Hal ini harus dilakukan agar kepercayaan para muzaki tidak luntur, bahkan dapat menstimulasi pihak-pihak potensial yang belum menjadi muzaki, kelak dapat bergabung dengan BAZNAS, untuk bersama-sama mengembangkan pengelolaan zakat di kabupaten ini. Dan kepada seluruh Pimpinan OPD dan ASN, saya menghimbau dan selalu mengingatkan untuk berzakat, berinfaq dan bersodaqoh melalui Baznas Kabupaten Tulungagung”, ungkapnya.


Selanjutnya acara peresmian Kampung Zakat (Desa Besole Kecamatan Besuki Kabupaten Tulungagung) ditandai dengan pemukulan kentongan dilanjutkan dilanjutkan penyerahan penghargaan bagi UPZ teladan dan muzaki teladan, kemudian simbolis penyerahan surat kuasa dan surat pernyataan kesediaan di potong untuk pembayaran zakat. (ans71-restu)