Selasa, 27 Desember 2022

Kapolres Tulungagung Menghadiri Peringatan Sraddha Agung Bhineka Tunggal Ika

 



TULUNGAGUNG - Kapolres Tulungagung Polda Jatim AKBP Eko Hartanto, SIK, MH bersama Forkopimda Tulungagung menghadiri peringatan Sraddha Agung Bhineka Tunggal Ika 2022 di Kabupaten Tulungagung, Senin (26/12/2022).


Dengan menaiki kereta Kuda, Forkopimda ikut dalam kirap menuju candi menggunakan delman gayatri yang berda di Kecamatan Boyolangu Kabupaten Tulungagung. 


Peringatan Sraddha Agung merupakan rangkaian festival kebudayaan dalam rangka napak tilas jejak-jejak perjuangan dan warisan Sri Gayatri Rajapatni sebagai tokoh yang dipersonifikasikan dengan visi penyatuan Nusantara dan ajaran bhinneka tunggal ika.


Kegiatan ini diselenggarakan oleh Konsorsium Bhinneka Tunggal Ika yang terdiri dari unsur Majelis Luhur Kepercayaan Indonesia (MLKI) Tulungagung, Pondok Pesantren Albadru Alaina, dan Institute for Javanese Islam Studies (IJIR) UIN SATU Tulungagung.


Kegiatan peringatan Sraddha Agung Bhineka Tunggal Ika 2022, didukung penuh oleh Pemerintah Kabupaten Tulungagung dan melibatkan semua elemen lintas tradisi, lintas agama, dan berbagai aliansi masyarakat sipil setempat.


Bupati Tulungagung Drs. Maryoto Birowo, MM mengatakan, upacara Sraddha Agung ini merupakan upacara yang penting demi menjaga kelestarian budaya yang ditinggalkan oleh leluhur.


Maka dari itu, hal ini juga bisa menjadi sarana edukasi bagi masyarakat Tulungagung, mengingat simbol pemersatu Nusantara ada di Kabupaten Tulungagung melalui Candi Gayatri.


Demi terus menjaga kelestariannya, Bupati Maryoto Birowo akan berupaya untuk tetap menggelar upacara Sraddha Agung secara rutin setiap tahunnya.


Dengan begitu, diharapkan pemuda generasi bangsa bisa memahami pentingnya sejarah hingga terbentuknya negara Republik Indonesia.


"Kami memastikan jika upacara ini akan rutin dilakukan setiap tahunnya," kata Bupati Tulungagung. (ans71-restu)