Senin, 16 Januari 2023

Peduli Lingkungan, Polres Ponorogo Bersama Warga Bersihkan Sungai Sambil Berbagi

 



PONOROGO - Polres Ponorogo Polda Jatim melalui jajaran Polsek Pulung bersama  warga Pesanggem, menggelar bakti sosial berupa bersih-bersih di Sungai Tambak Buntu, Senin (16/01/2023).


Bakti sosial yang juga melibatkan Perhutani ini dilakukan dari sungai disekitar penampungan air warga di Dukuh Sukun Desa Sidoharjo hingga sungai Tambak Buntu masuk perbatasan wilayah Kecamatan Pulung,Kabupaten Ponorogo.


Kegiatan bersih-bersih ini juga dibarengi dengan  agenda rutin yaitu pembagian paket sembako, yang kali ini diberikan kepada warga Pesanggem. 


Kapolres Ponorogo AKBP Catur C. Wibowo, S.I.K., M.H. melalui Kapolsek Pulung AKP Hariadi, S.H., M.M. mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk mengedukasi, masyarakat agar lebih peduli terhadap kelestarian dan kebersihan lingkungan salah satunya adalah sungai. 


“Saya mengajak masyarakat, terutama yang tinggal disekitar sungai, untuk ikut berperan dalam memelihara kebersihan dan keindahan sungai,”kata AKP Hariadi 


Ia juga menjelaskan, begitu pentingnya air bagi kehidupan manusia, untuk itu jagalah kelestarian dan kekayaan alam ini. 


Di tempat yang sama, Muhni salah satu warga Pesanggem  sangat mendukung kegiatan yang dilakukan oleh pihak Kepolisian dalam menjaga dan melestarikan lingkungan. 


Pasalnya dalam memenuhi kebutuhan air, Muhni hanya mengandalkan air sungai di sekitar hutan baik untuk mandi dan minum. 


"Kami ini adalah warga Pesanggem, yang kesehariannya bertani menanam jagung diladang milik perhutani. Kami tinggal di kawasan hutan dengan mengandalkan air sungai untuk mandi dan minum," kata Muhni 


Dengan dilaksanakan kegiatan ini, sungai menjadi bersih, "saya mewakili warga Pesanggem mengucapkan terima kasih kepada pihak Kepolisian dan perhutani," Pungkasnya (Ans71 Restu)