Kamis, 23 Maret 2023

Memastikan situasi Malam pertama bulan puasa Kondusif, Polres Tulungagung menggelar Patroli harkamtibmas menjelang sahur

 



TULUNGAGUNG – Guna mengantisipasi gangguan Kamtibmas di Wilayah Kabupaten Tulungagung pada malam pertama bulan puasa, Personil Polres Tulungagung dan Polsek jajaran melaksanakan Patroli menjelang sahur.23/03/2023


Patroli Harkamtibmas kali ini   menyasar sejumlah lokasi pemukiman penduduk maupun tempat tempat yang biasa digunakan anak muda untuk melakukan kegiatan Sahur On The Road yang ada di Wilayah Kabupaten Tulungagung,  dimana pada saat ini masyarakat muslim memulai untuk melaksanakan  ibadah Puasa.


Kapolres Tulungagung Polda Jatim AKBP Eko Hartanto, SIK, MH melalui Kasihumas Polres Tulungagung IPTU Moh Anshori, SH mengatakan pada malam menjelang masyarakat melaksanakan sahur, kami Polres Tulungagung dan Polsek jajaran hadir untuk memberikan rasa aman dengan melaksanakan Patroli di pemukiman warga maupun pada lokasi lokasi yang biasanya digunakan untuk anak muda melaksanakan ronda saur.


Hal ini kami lakukan untuk memberikan jaminan kepastian keamanan dan kenyamanan warga masyarakat dalam menjalankan ibadah puasa.



Seperti kita ketahui bersama bahwa pada tahun tahun sebelumnya saat bulan suci Ramadhan menjelang sahur biasanya anak muda melaksanakan Ronda Sahur atau yang lebih dikenal dengan SOTR (sahur On the Road) dengan menggunakan pengeras suara yang berlebihan dan itu bila dibiarklan akan sangat menggangu kenyamanan masyarakat.


Apalagi pada saat melaksanakan Ronda Sahur menggunakan atribut   organisasi pencaksilat  maka akan sangat rentan terjadinya gesekan antara kelompok ronda sahur. Terang Kasihumas

 

Dengan dilaksanakanya Patroli menjelang sahur maka  masyarakat juga akan merasa aman karena kehadiran polisi di sekitar mereka  masyarakat tidak  akan lagi merasa was-was saat beraktifitas maupun sedang beristirahat. 


”Kehadiran anggota Polisi di lapangan di harapkan dapat memberikan rasa aman dan juga memberikan kenyamanan bagi masyarakat,” ungkap Iptu Anshori.


 Kami menghimbau kepada warga masyarakat janganlah melaksanakan Ronda sahur dengan sound system yang berlebihan karena sangat mengganggu masyarakat dan berpotensi terjadinya gesekan antar kelompok. Manfaatkan   sarana komunikasi yang ada, gunakan saund system yang ada di masjid atau musola untuk membangunkan orang yang akan sahur. (Ans71 Restu )