Rabu, 01 Maret 2023

Mengantisipasi Air Sungai Meluap, Patroli Polsek Kalidawir Bersihkan Dam Sungai Yang Tersumbat Ranting Pohon

 


TULUNGAGUNG - Salah satu penyebab banjir ialah meluapnya sungai adalah karena sumbatan yang terjadi diakibatkan banyaknya sampah yang berasal dari pohon maupun ranting pohon yang hanyut terbawa arus sungai yang menumpuk disuatu tempat semisal pada dam air atau jembatan.


Guna antisipasi bencana banjir yang dapat terjadi sewaktu-waktu, Polsek Kalidawir Polres Tulungagung, Polda Jatim melaksanakan pembersihan sungai dari ranting pohon dan sampah lain yang menyangkut di dam, Rabu (01/03/2023).


Hal itu dilakukan Personil Polsek Kalidawir yang dipimpin Kapolsek pada saat melakukan Patroli, melihat banyaknya sampah dari potongan ranting-ranting pohon serta sampah lainya yang sudah mulai meyumbat aliran air sungai, sehingga dikhawatirkan mengganggu aliran air sungai yang berakibat dapat meluap dan akan menggenangi permukiman penduduk maupun persawahan milik penduduk yang dekat dengan daerah aliran sungai.


Kapolres Tulungagung AKBP Eko Hartanto, SIK, MH melalui Kapolsek Kalidawir AKP Haryono mengatakan pada saat melaksanakan patroli bersama anggota lalu pengecekan Dam Tunggangri melihat ada tumpukan sampah yang mulai menutup pintu dam.


“Mengetahui adanya sumbatan aliran dari sampah- sampah, dengan perlengkapan serta alat seadanya kita berusaha membersihkannya”, terang Kapolsek.


Ini sebagai antisipasi apabila turun hujan deras dalam waktu lama akan dapat mengakibatkan banjir ke pemukiman warga dan area persawahan.


“Kebanyakan sampah yang menyumbat di sungai adalah dari ranting pohon yang terbawa oleh arus sungai,” jelasnya.


Sempat mengalami kesulitan untuk mengangkat ranting yang menyangkut, lantaran adanya keterbatasan peralatan yang digunakan sehingga harus bekerja secara manual dengan alat seadanya.


“Namun pelan tapi pasti sebagian besar sampah dapat diangkat dari sungai sehingga aliran sungai menjadi lancar”, ujarnya.


“Kami menghimbau kepada Masyarakat kiranya untuk tidak membuang sampah rumahan maupun ranting pohon kesungai, karena dampaknya dapat menyebabkan tersumbatnya aliran air salah satunya menyumbat di dam sungai”, tandasnya. (Ans71-restu)