Jumat, 10 Maret 2023

Tekankan tidak menggunakan atribut perguruan kecuali pada saat latihan, untuk menjaga kamtibmas kondusif

 




TULUNGAGUNG - Dalam rangka menyerap aspirasi masyarakat yang ada di Wilayah kabupaten Tulungagung, Polres Tulungagung menggelar program Jum'at Curhat secara serentak  di Wilayah Kabupaten Tulungagung.  


Program Jum'at curhat kali ini dilaksanakan di wilayah kecamatan Kauman, tepatnya dilokasi wisata Punokawan park desa Banaran kecamatan Kauman, Jum'at 10 Maret 2023


Menurut Kapolres Tulungagung AKBP Eko Hartanto, SIK, MH yang diwakili oleh Wakapolres Tulungagung KOMPOL Dodik Tri hendro Siswoyo SH Sik Mik,  program Jum'at Curhat juga dalam rangka untuk menjaga Harkamtibmas di Kabupaten Tulungagung agar tercipta situasi yang aman dan kondusif.


Jum'at Curhat adalah sebagai sarana Kapolres bersama jajarannya bisa bertemu langsung dengan masyarakat, agar masyarakat bisa menyampaikan keluhan terkait permasalahan yang terjadi.  


"Jadi program Jumat Curhat ini kita bisa memberikan langsung informasi dan win win solution kepada masyarakat yang ada permasalahan," ucap Kapolres


Dikatakannya, dalam program Jum'at Curhat di kecamatan Kauman kabupaten Tulungagung  kali ini juga diikuti oleh Pju polres Tulungagung, muspika kecamatan Kauman, yoga, tomas dan toda dan warga masyarakat sekitar desa Banaran 


Wakapolres juga menekankan pentingnya melaksanakan vaksin , karena vaksin adalah sebagai upaya memproteksi diri dari wabah virus covid 19.


Dan saya minta tolong kepada  muspika mari kita optimalkan pelaksanaan vaksin khusunya vaksin boster, ajak masyarakat  untuk melaksanakan vaksin, mumpung masih gratis.


Terkait keamanan mohon untuk siskamling diaktifkan kembali  karena sangat membantu bila ada tindak pidana, minimal ada kesiap Siagaan warga untuk peduli dengan lingkungan sekitar


Karena dengan adanya tugas jaga di poskamling akan banyak manfaat, diantaranya menjaga diri sendiri maupun menjaga lingkungan tempat tinggal atau tempat kerjanya 


Terhadap berita yang belum tentu kebenaranya atau hoaxs agar jangan mudah sere maupun posting berita, lakukanh penyaringan berita.


Kalau kita tidak cerdas dalam bermedia sosial kita akan terkena jeratan hukum, dan paling mudah untuk menelusurinya


Terhadap anggota perguruan pencak silat jangan menggunakan atribut perguruan, kecuali pada momen tertentu pada saat latihan atau saat acara perguruan dan itupun kusus dilokasi


Karena dengan pemakaian atribut perguruan diluar tempat latihan atau dilokasi umum akan berpotensi timbulnya kerawanan dan itu sudah banyak kasus yang berlatarbelakang atribut perguruan silat 


Dalam  dialog tanya jawab Kapolres dengan muspika, tokoh masyarakat  tokoh pemuda  ada  ( 4 ) permasalahan yang disampaikan oleh para peserta


Biar polisi semakin dekat dengan masyarakat, agar pada setiap solat Jum'at anggota digilir untuk bisa berjamaah dari masjid yang satu ke masjid yang lain.


Mohon ada dari kepolisian yang bisa mengisi khutbah di desa Jatimulyo biar lebih dekat lagi dengan masyarakat 


Terkait her sepeda motor, kenapa BPKB ditahan 1 bulan, karena ini surat berharga yang bisa dijaminkan untuk pinjam uang.


Kenapa pos pos polisi sekarang kok tidak ada yang jaga dan dijaga hanya pada saat kunjungan


"Tadi ada  permasalahan yang disampaikan oleh karyawan maupun muspika. Yang mana semuanya bisa kita koordinasikan, dan kita komunikasikan dengan semua stage holder yang ada dengan harapan  semoga semua permasalahan tersebut segera terselesaikan dengan baik," terang Kapolres. 


Dalam hal ini Waka polres Tulungagung memberikan jawaban bahwa 


Kita akan sampaikan dan perintahkan kepada bhabinkamtibmas untuk lebih dekat dengan masyarakat turun langsung dan mengikuti solat Jum'at di desa binaan


Terkait BPKB tidak langsung diserahkan dikarenakan untuk proses administrasi dan identifikasi kendaraan memakan waktu, dan kami akan usahakan lebih cepat.


Adanya registrasi dan identifikasi kendaraan untuk dilakukan pengecekan ulang kami dari petugas Samsat dan perlu waktu dan kami akan usahakan lebih cepat 


Dalam hal penempatan personil di pos pos polisi akan kita tata ulang dan kita tempatkan personil yang pada jalur skala prioritas.


Lebih lanjut Wakapolres mengatakan program Jumat Curhat dilakukan secara serentak di 19 wilayah kecamatan yang ada di Tulungagung.  


"Hari ini kita perintahkan seluruh Kapolsek jajaran di 19 Kecamatan melaksanakan program Jum'at curhat.


Dan Insyaallah kegiatan ini kedepannya kita laksanakan secara kontinyu, karena ini sebagai sarana yang efektif dengan melihat langsung permasalahan yang ada dilapangan," tandasnya.   


Untuk itu Kapolres juga terus mengajak semua stage holder dan semua elemen masyarakat untuk terus bersinergi bahu membahu untuk menjaga Harkamtibmas yang aman dan kondusif diwilayah masing - masing.


Hadir dalam Jum'at curhat  di kecamatan Kauman antara lain, Kapolres Tulungagung AKBP Eko Hartanto SIK, MH yang diwakili oleh Wakapolres Tulungagung KOMPOL Dodik tri hendro Siswoyo SH Sik Mik, PJU Polres Tulungagung, Forkopimcam kecamatan Kauman, yoga, tomas dan toda (Ans71-Restu)