Sabtu, 24 Juni 2023

Polres Kediri Kota Revitalisasi Jembatan Lama Situs Cagar Budaya

 


KEDIRI KOTA - Polres Kediri Kota Polda Jatim terjunkan ratusan Personel Kerja Bakti Peduli cagar budaya, Jumat (23/06/2023)



Cagar Budaya Jembatan lama Kota Kediri yang membentang di aliran sungai Brantas Kota Kediri itu menghubungkan Jl Brawijaya dan Jl KDP Slamet markas Polres Kediri Kota yang merupakan jajaran Polda Jatim.


Kapolres Kediri Kota AKBP Teddy Chandra, S.I.K.,M.Si. mengatakan, dalam rangka menyambut hari Bhayangkara ke 77 ini, Polri juga menggagas program nasional, yaitu peduli Cagar Budaya Nasional.


"Salah satu  situs cagar budaya  yang terpilih ini adalah Jembatan Lama di Jl Barwijaya, merupakan salah satu Ikon Kota Kediri" terang AKBP Teddy


Pihaknya telah berkoordinasi dengan Pemerintah Kota Kediri tokoh masyarakat serta Budayawan bahwa kerja bakti situs budaya akan dikerjakan Polres Kediri Kota di tempat cagar budaya tersebut.


Selain itu, Polres Kediri Kota juga akan melakukan pengecatan di area jembatan lama.


Menurut Kapolres yang murah senyum itu, Perawatan ini diterapkan terhadap seluruh situs budaya yang diakui di Indonesia.


Disampaikannya, bahwa kegiatan ini merupakan salah satu rangkaian hari Bhayangkara, diwujudkan kepedulian terkait salah satu cagar budaya.


Sebagai salah satu cara untuk mengajak dan merawat keberadaan cagar alam dilakukan jajaran Polres Kediri Kota pada jembatan telah berusia lebih dari satu abad. 


"Jembatan berkerangka besi ini merupakan saksi sejarah penjajahan Belanda di Indonesia," jelas Kapolres


Jembatan itu dibangun pada Tahun 1853, kini telah ditetapkan sebagai cagar budaya.

 

“Hari ini kita melaksanakan kegiatan kerja bakti. Ini salah satu wujud kepedulian Polres Kediri Kota terhadap salah satu cagar budaya yang ada di Kota Kediri,"pungkas AKBP Tedy.

.(Ans71 Restu)